banner 728x250

Jorge Martin Klaim Diri sebagai Pembalap MotoGP Terbaik jika Bisa Kalahkan Francesco Bagnaia dan Marc Marquez Tahun Depan

banner 120x600
banner 468x60

BO 238 – Saat ini, sedang berada di tengah musim dingin sehingga MotoGP tidak ada balapan, tetapi mulai ebruari pertunjukan akan kembali dengan tes pramusim.

banner 325x300

“Ini merupakan tahun yang sangat panjang. Jelas bahwa jika saya melaju secepat saat saya berada di Misano sejak awal tahun, keadaannya akan sangat berbeda,” kata Martin dilansir dari MotoSan.

“Pada awal tahun, lebih sulit bagi saya untuk menemukan kecepatan tersebut dibandingkan pada akhir tahun dan saat itulah saya meninggalkan poin.”

“Saya mendapat banyak tekanan dan konsekuensi tertinggal menyebabkan kesalahan.”

Martin mengalami musim yang tidak mudah tahun lalu dengan prototipe yang berbeda dari Bagnaia.

Namun tahun itu ia mendapatkan kepercayaan diri dan meningkatkan performanya pada balapan demi balapan. Dia menjadi yang tercepat di sepertiga akhir MotoGP 2023.

Kontroversi terjadi di Qatar di mana ia gagal mencapai potensinya. Dari sisi Martin, mereka jelas membicarakan kerusakan ban, sementara Michelin mengembalikan bola ke pembalap.

“Saya terkejut dengan pernyataan Taramasso (Piere Taramasso, Manajer MotoSport Michelin). Lebih dari segalanya karena membuat saya merasa seperti mengemudi dengan buruk, padahal sebenarnya tidak,” tutur pembalap 25 tahun itu.

“Katakan kepada saya, pembalap mana yang Anda lihat dalam beberapa tahun terakhir yang tergelincir saat start kering,” ujar pembalap Prima Pramac itu.

“Saya tidak bisa bahagia ketika saya menang pada Sabtu (sprint race) dengan start di posisi kelima dan pada Minggu sepertinya saya lupa mengemudi.”

Jorge Martin jelas menjadi yang terbaik pada balapan Sprint, sementara pada balapan utama Minggu dia dikalahkan oleh sang juara, Francesco Bagnaia (Ducati).

Dalam hal ini dia menyadari bahwa dia akan meningkat seiring berjalannya waktu.

“Pada akhirnya, itulah pengalaman. Selama bertahun-tahun saya akan menjadi lebih baik. Balapan sprint adalah kecepatan murni,” kata Martin.

“Di sisi lain, dalam balapan hari Minggu Anda memiliki banyak hal yang harus diatur: ban, bensin, Pecco. Dari Sabtu hingga Minggu, mungkin mengambil langkah besar. Ini adalah poin yang harus saya tingkatkan untuk tahun depan.”

Pada MotoGP 2024 dan dengan tujuan yang jelas untuk meraih gelar, ia akan bersaing dengan juara dunia dua kali, Bagnaia, yang akan mengendarai Ducati GP24 seperti dia.

Selain itu, kedatangan Marc Marquez ke Gresini, di mana ia akan mengendarai Ducati GP23.

“Saya pikir ini bisa menjadi lebih baik dan pengalaman yang saya peroleh tahun ini berkat balapan bertekanan tinggi yang saya hadapi,” ucap Martin.

“Mungkin musim ini saya belum tahu cara menangani emosi tertentu, tetapi itu bisa membantu saya di masa depan. Ini adalah tahun yang menarik untuk bisa bersaing dengan Marc dan Pecco.”

“Jika saya berhasil mengalahkan mereka, saya akan menjadikan diri saya sebagai salah satu pembalap MotoGP terbaik.”

Terakhir, mengenai gaya mengemudinya, ada yang membandingkan Martin dengan Marquez.

“Saya terkejut dengan gayanya. Itu tidak identik, ada hal yang berbeda. Marc memiliki langkah menikung yang mengesankan. Terutama di pintu masuk tikungan dan itu akan menjadi titik di mana kami harus berusaha.”

“Ducati selalu menjadi motor yang lebih “stop and go”, tetapi Marc tetap membuat kita sedikit mengubah gaya itu, meski dari segi pengereman, penggunaan rem belakang cukup mirip.”

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *