banner 728x250

‘Motor Apa Itu’, Kesaksian Menyedihkan Valentino Rossi Lihat Motor Yamaha Pertama Kali

banner 120x600
banner 468x60

BO 238 – Perpindahan legenda MotoGP ini dari Honda ke Yamaha pada tahun 2004 merupakan salah satu perpindahan pembalap terbesar sepanjang masa.

banner 325x300

Meskipun pada akhirnya Rossi menjadi ikon tim garpu tala selama berkarier di MotoGP.

Namun. pada saat itu banyak orang yang menaruh curiga karena ia menukar motor peraih gelar juara yakni Honda dengan motor yang tidak kompetitif yaitu Yamaha.

Saat itu, Honda tidak memberikan izin Valentino Rossi untuk menguji motor Yamaha-nya pada tes pascamusim MotoGP 2003.

Kondisii itu membuat ekspektasi semakin tinggi saat Rossi akhirnya bisa mengendarai motor barunya.

Tangan kanan Valentino Rossi, Uccio Salucchi kemudian mengungkapkan obrolan antara keduanya saat pertama kali melihat motor Yamaha untuk pertama kali pada tahun 2003.

“Saya ingat pertama kali kami melihat Yamaha dari dekat pada malam di Donington, Inggris tahun 2003 ketika mereka membiarkan pintu garasi terbuka di tengah malam,” kata tangan kanan Rossi, Uccio Salucci, kepada Sky Sports.

“Vale dan saya meninggalkan motorhome seperti dua agen rahasia: kaus hitam, hati-hati!”

“Saat kami membuka pintu, ada semua bos Yamaha di dalamnya. Davide Brivio, Masahiko Nakashima dan motor Carlos Checa ada di sana,” ujarnya.

Namun alangkah terkejutnya mereka berdua saat melihat motor buatan pabrikan garpu tala itu.

Uccio mengatakan bahwa Rossi sampai tidak bisa berkata-kata karena ia akan mengendarai motor yang sangat jelek.

“Ketika saya melihatnya, saya tidak bisa berkata-kata, tetapi karena itu adalah motor yang sangat jelek, dibuat dengan buruk, penuh dengan kabel-kabel yang berserakan, sangat kasar,” ujar Salucci.

“Kami, di sisi lain, terbiasa melihat Honda setiap hari, yang justru merupakan mahakarya teknologi.”

“Saya ingat Vale menatap saya dan berekspresi seperti mengatakan ‘sial… kamu sudah lihat motor apa itu?” ujar Uccio menirukan ucapan Rossi saat itu.

“Dan saya menundukkan kepala seolah-olah mengatakan kami akan membicarakannya nanti,” ucap Uccio yang bersikap seakan baik-baik saja.

“Saat kami memasuki motor, ia (Rossi) berkata kepada saya: ‘Sialan Uccio, sepertinya sudah ketinggalan 10 tahun dari motor kita’,” ucap Uccio.

“Saya mengatakan kepadanya bahwa itu tidak ada bedanya, semua yang lain membuat perbedaan dan bahwa motor akan berkembang dengan cepat dengan orang-orang seperti dia, Brivio dan Masao Furuzawa.”

“Saya mempertahankan posisi saya juga karena sekarang… Ketika saya mengingat kembali hal-hal ini, karena sesekali hal ini terjadi pada saya.”

“Saya berpikir bahwa kami masih muda! Kami masih berusia 24 tahun… kami sangat tangguh saat itu,” ujarnya.

Meski memiliki perasaan yang buruk pada perkenalan pertama bersama Yamaha.

Rossi berhasil memenangkan balapan pertamanya dengan Yamaha dan meraih gelar juara pada tahun 2004, memenangkan gelar berturut-turut dengan dua pabrikan yang berbeda.

Kepindahannya ke Yamaha, dan keputusannya untuk keluar dari Honda meskipun telah memenangkan gelar justru mematahkan semua keraguan pada saat itu.

“Ketika tahun 2004 kami pindah ke Yamaha, ada naluri yang luar biasa, jika kami mengikuti logika, kami tidak akan pindah ke sana,” aku Uccio.

“Mengapa meninggalkan motor pemenang seperti Honda untuk pergi dengan motor yang tidak menang seperti Yamaha? Pada saat itu itu gila.”

“Saat itu kami sudah tidak bahagia lagi dan kami memutuskan untuk pergi, tapi dengan sangat terbuka.”

“Seperti kami, ceria, ekspansif, ceria, kami tidak merasa nyaman dan kami pergi.”

“Kami membicarakannya beberapa waktu lalu saat liburan, ketika kami menghabiskan beberapa hari bersama.”

“Dan dia (Rossi) mengatakan kepada saya: ‘Hanya dua orang bodoh seperti Anda dan saya yang bisa meninggalkan Honda untuk pergi ke Yamaha’.”

“Kami masih memikirkannya sesekali.”

Pemahaman Salucci yang mendalam tentang jiwa temannya adalah alasan utama mengapa ia memutuskan untuk keluar dari Honda demi sebuah tantangan baru.

“Pada saat itu saya mendorong seperti binatang buas untuk pergi ke Yamaha, karena saya tahu bahwa jika Vale tidak bersenang-senang lagi, maka masalah besar akan muncul,” katanya.

“Dalam artian, seperti di Afrika Selatan saat kami kalah dari Ukawa, kami mulai tidak memiliki perasaan yang tepat, konsentrasi, pendekatan yang tepat. “Dan jika Anda tiba di balapan seperti ini, bahkan jika Anda adalah yang terkuat, yang lain akan mengalahkan Anda.

“Kami mengambil jalan itu di sana: kami melaju lebih lambat dan kami tidak lagi memiliki keinginan besar untuk pergi ke balapan.

“Jadi sudah waktunya untuk mengubah pemandangan dan saya harus mengatakan bahwa Davide Brivio, bersama dengan Lin Jarvis dan Furuzawua, melakukan pekerjaan yang sempurna, tetapi tidak ngotot.”

“Saya bisa mengatakan pekerjaan yang elegan untuk meyakinkan dan kemudian berjalan dengan baik,” imbuh Uccio.

“Untungnya kami benar untuk mengubah sudut pandang,” pungkasnya.

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *